KINERJA KETUA SENAT MAHASISWA (SEMA)

KINERJA KETUA SENAT MAHASISWA (SEMA)
Menunggu Gerak Refleks Sang Ketua Senat Mahasiswa

Suranto

CIANJUR. Organisasi Kemahasiswaan merupakan wahana pengembangan diri mahasiswa yang diharapkan dapat menampung aspirasi, menyalurkan minat dan kegemaran, meningkatkan kesejahteraan sekaligus menjadi wadah kegiatan peningkatan penalaran dan keilmuan serta arah profesi mahasiswa. Mengingat pula mahasiswa merupakan bagian dari Civitas Akademika Divisi Kerjasama Pendidikan Tinggi (DKPT) Diploma – IV P4TKP VEDCA Cinjur joint program dengan Politeknik Negeri Jember (POLIJE).
Senat Mahasiswa (SEMA) adalah salah satu lembaga mahasiswa yang sebenarnya sangat vital kedudukannya dalam dinamisasi kehidupan kampus. Tidak ada yang menyangka bahwa boleh tidaknya suatu kegiatan kampus bergantung kepada organisasi ini. Senat Mahasiswa tidak ada bedanya dengan DPR yang mempunyai tugas pokok dan fungsi legislasi, advokasi dan pengawasan. Senat Mahasiswa sebagai DPR dan Mahasiswa sebagai rakyatnya atau konstituantenya. Oleh sebab itu, agenda – agenda yang dilaksanakan harus mencerminkan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Pada tanggal 29 September 2011 Civitas Akademika Divisi Kerjasama Pendidikan Tinggi (DKPT) Diploma – IV P4TKP VEDCA Cinjur joint program dengan Politeknik Negeri Jember (POLIJE) menyelenggarakan Pemilihan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) masa jabatan 2011 – 2013. Setelah terselenggaranya pemilihan secara demokratis dan akhirnya satu dari enam kandidat calon Ketua Senat Mahasiswa tersebut berhasil menduduki posisi sebagai ketua dan pada saat itu juga Ketua Senat Terpilih langsung dikukuhkan oleh Kepala P4TKP VEDCA Cianjur Ir. Siswoyo, M.Si yang disaksikan Kepala Divisi Kerjasama Pendidikan Tinggi (DKPT) Diploma – IV P4TKP VEDCA Cinjur Ir. Anton Sugiri, MP dan Koordinator Bidang Kemahasiswaan Ir. Iskandar Hadiyanto, MM.
Namun, semenjak di lantik hingga saat ini belum terlihat kinerja dari Ketua Senat Mahasiswa Civitas Akademika Divisi Kerjasama Pendidikan Tinggi (DKPT) Diploma – IV P4TKP VEDCA Cinjur joint program dengan Politeknik Negeri Jember (POLIJE) yang signifikan.
“Saya belum melihat kinerja dari Ketua Senat Terpilih yang menunjukkan kepada perubahan sebagaimana yang dijabarkan pada visi dan misi waktu pemilih, saya pun berharap agar Ketua Senat Terpilih untuk segera melakukan langkah – langkah guna pencapaian visi dan misinya dan pencapaian kepada perubahan yang lebih baik” ungkap salah seorang mahasiswa.
Sepertihalnya dari pengungkapan salah seorang mahasiswa, dari salah seorang Pengurus Senat Mahasiswa Civitas Akademika Divisi Kerjasama Pendidikan Tinggi (DKPT) Diploma – IV P4TKP VEDCA Cinjur joint program dengan Politeknik Negeri Jember (POLIJE) pun mengungkapkan hal yang sama, “pada setiap ada pertemuan sepertihalnya rapat pengurus, beliau tidak ada di tempat (tidak hadir), kami sudah melakukan komunikasi sebelum setiap acara pertemuan berlangsung dengan beliau, namun dengan berbagai macam alasan ia mangkir dari kegiatan itu. Tetapi kami tidak mau su’udzon dengan beliau, kami tetap berusaha untuk husnudzon atau positif thinking dengan berbagai macam alasannya, yang jelas kami tetap berharap kepada beliau supaya dapat melaksanakan amanah yang dibebankan kepadanya dengan rasa tanggungjawab” tambahnya.

Categories: Kemahasiswaan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: