CEMILAN SEHAT UNTUK ANAK


Banyak orang tua melarang anak – anaknya jajan sembarangan namun namun di rumah sendiri tidak disediakan cemilan (snack) yang sehat buat mereka. Padahal, dengan tersedianya cemilan sehat di rumah, pelan – pelan anak – anak bisa diberikan pengertian untuk mengerem keinginan jajan di luar rumah. Cemilan sehat mutlak perlu karena mereka dalam masa tumbuh kembang.

Sudah jadi sifat dasar dan naluri anak – anak untuk selalu mengemil. Naluri mengemil ini sebenarnya tak perlu dibatas – batasi sepanjang apa yang mereka santap adalah makanan sehat. Sayangnya, fakta kebanyakan menunjukkan anak – anak sering di umbar jajan di sembarang tempat, sembarang makanan dengan bahan pengawet, pewarna berbahaya serta zat berbahaya lainnya.

Bila dibiarkan memilih sendiri, maka anak – anak cenderung akan membuat pilihan yang buruk seperti memilih yang manis – manis dengan zat pemanis buatan dan kadar lemak yang tinggi. Orang tua berperan penting untuk memberikan pilihan cemilan yang lezat tapi sehat, seperti buah dan sayuran segar atau bahkan roti tangkap.

Orang tua harus memilihkan makanan yang dapat memuaskan rasa lapar anak – anak, mempuanyai asupan energi  dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Makanan dengan berbagai variasi untuk memastikan anda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan dan buat cemilan buatan sendiri buatan anda kelihatan lebih menarik. Berikut ada beberapa cemilan terbaik yang bisa di pilih :

Cemilan Berbahan Gandum / Sereal

Cemilan yang terbuat dari Whole-Grain mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi yang dapat memberikan asupan energi dalam jangka waktu yang cukup lama. Cari jenis cemilan seperti Crackers, Oatmeal / Havermut, Cereal, Roti (dengan mentega tanpa garam, selai kacang, selai buah, taburan meses).

Sayur dan Buah – Buahan

Makan sayur dan buah – buahan membuat perut anda terasa penuh tanpa menambah lemak dan hanya sedikit kalori. Mereka juga mengandung vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya. Contoh : Potongan Buah Segar, Potongan Sayur Yang Di Kukus (Worrtel, Brokoli, Dls) disajikan dengan celupan / olesan lezat seperti : Saus Keju, Selai, Dls, Ubi / Singkong Kukus / Rebus, Jus Wortel, Kentang Panggang, Cake Wortel, Cake Pisang, Dls.

Kacang – Kacangan dan Biji – Bijian

Kacang – kacangan dan biji – bijian adalah sumber protein yang baik yang dapat membuat perut anda terasa kenyang lebih lama. Lemak yang ada pada kacang – kacangan dan biji – bijian adalah Monounsaturated fat – Lemak Tak Jenuh Tunggal, suatu jenis lemak yang baik bagi tubuh. Kacang – kacangan dan biji – bijian mengandung kalori yang sangat tinggi, jadi jangan makan terlalu banyak. Contoh : Bubur Kacang Hijau, Susu Kacang Kedelai, Kacang Polong Kukus.

Produk Susu

Keju, Yoghurt dan produk yang mengandung susu lainnya adalah sumber kalsium, protein dan nutrisi lainnya. Produk susu dapat memiliki kandungan lemak yang tinggi, jadi pilih produk yang rendah lemak.

Sumber : Tribun Jabar

Categories: Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: